Scroll to continue reading
139 Ribu Lansia Terima Bantuan Dari Kemensos

139 Ribu Lansia Terima Bantuan Dari Kemensos

Plt Kepala Biro Humas Kemensos Supomo mengatakan sebanyak 139 ribu lanjut usia (lansia) telah menerima program bantuan permakanan per Oktober 2023. Adapun bantuan permakanan yang diinisiasi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini ini merupakan wujud pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi lansia di Indonesia.

"Sudah terealisasi, terakhir 136 ribu orang (lansia) sudah dapat permakanan. Sehari makan dua kali total 30 ribu," kata Supomo kepada wartawan di Kantor Kemensos, Jakarta, Selasa 24 Oktober 2023.

kemensos salurkan bantuan

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia ini mengungkapkan bahwa pihaknya juga mengalami sejumlah tantangan saat mendiskusikan bantuan permakanan kepada masyarakat. Diantaranya tantangan geografis yang menyebabkan keterlambatan pengiriman ke daerah yang dituju.

"Tantangan Indonesia luas, yang dapat makanan ini tersebar se Indonesia. Adanya keterlambatan pengiriman karena memang lokasinya jauh-jauh sehingga kemudian kadang-kadang lambat," ucapnya.

Lalu keterlambatan juga terjadi saat melakukan pelaporan secara real time melalui aplikasi SIKS-MA. Terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil dan tidak memiliki sinyal internet.

"Yang membuat laporan terlambat karena daerahnya blind spot. Sehingga membutuhkan ketekunan untuk melakukan kontrol terhadap laporan-laporan yang masuk misalnya harus cari tempat Internet yang berjalan dengan baik, misalnya di kantor kecamatan, di pusat kota mereka baru bisa melaporkan," ucapnya.

Selain bantuan permakanan, pihaknya juga siap untuk menampung para lansia di berbagai sentra milik Kemensos. Hal ini dalam rangka memberikan perhatian dan pemenuhan hidup bagi para lansia di Indonesia.

"Kita memberikan perhatian dan kasih sayang kepada kakek nenek kita agar mereka bisa hidup layak. Kalau kemudian kita menemui kasus, kita selesaikan sampai akarnya salah satunya membawa mereka ke panti atau sentra kami yang tersebar di Indonesia itu," ujar dia.

"Sehingga mereka hidup nyaman. Segala kebutuhannya dipenuhi di panti atau sentra kami," tuturnya.

Sebagai informasi, Kementerian Sosial menyiapkan anggaran Rp 787.661.312.000 dengan sasaran 100.000 orang untuk permakanan lanjut usia dan 33.774 untuk permakanan disabilitas pada Tahun Anggaran (TA) 2023.

Bantuan permakanan yang diberikan terdiri dari nasi/sejenisnya (menyesuaikan daerah masing-masing), lauk pauk, sayur, buah potong, dan air mineral yang diberikan sebanyak dua kali dalam sehari dalam satu kali pengantaran. Selain dirasakan manfaatnya secara fisik diharapkan juga dapat meningkatkan harapan hidup para lansia sehingga menjadi lebih semangat.

Besaran bantuan yang diberikan sejumlah Rp.30.000,- untuk 2x makan dan biaya antar sebesar Rp.2.000,-. Dalam pelaksanaannya Kemensos membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas) untuk membantu memasak menu makanan lansia yang telah dilaksanakan selama 6 bulan mulai bulan juli 2023.

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2023/10/25/337/2907674/139-ribu-lansia-terima-bantuan-permakanan-kemensos?page=2

Post a Comment
TULIS KOMENTAR